30.4 C
Indonesia
Friday, May 17, 2024

Asisten TA Wamentan: Kami Mengecam Aksi Seorang Bakal Capres yang Arogan dan Emosional

JAKARTA – Asisten Tenaga Ahli Wakil Kementrian Pertanian RI, Moh. Cecep Sumarna mengecam keras terkait isu Bakal Calon Presiden (Capres) 2024 Prabowo Subianto yang mencekik dan menampar Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi saat rapat kabinet.

Cecep yang juga Wakil Sekjen Sekretariat Gabungan (Setgab) Relawan Ganjar Pranowo mengatakan, aksi kekerasan apalagi menampar dan mencekik tentu saja sangat tidak dibenarkan, apalagi dilakukan dalam sebuah forum rapat kabinet.

“Kami sangat mengecam dan sangat tidak respek terhadap perilaku seorang capres yang tak bisa mengendalikan emosi. Berperilaku emosional di depan publik,” ujar Cecep kepada awak media di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Cecep mengingatkan bahwa perilaku sehari-hari adalah cerminan yang menunjukkan karakter sejati seseorang.

“Kalau (calon pemimpin bangsa) ada sikap arogansinya, nanti gimana ketika memimpin Indonesia kedepan,” ungkap Cecep.

Ia juga mengingatkan bahwa sikap seseorang harus dijaga dan dapat dikendalikan. Apalagi sebagai seorang pejabat negara yang harus pandai berdiplomasi dan harus bisa bersikap secara elegan.

“Seorang menteri harus bisa diplomasi secara elegen di depan forum. Apalagi di sidang kabinet, tanpa konfirmasi menghampiri wamentan dan lakukan tindakan tidak terpuji (menampar dan mencekik, red),” tandas Cecep.

Cecep mengatakan apa yang dia sampaikan ini atas nama asisten tenaga ahli Wamentan yang juga selaku Wasekjen Setgab Pemenangan Ganjar Pranowo.

“Kalau sekarang saja sebelum menjadi presiden sudah tak bisa mengendalikan arogansi. Apalagi besok, bisa-bisa merespon menggunakan kekerasan,” ungkapnya.

Lebih jauh Cecep mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan majemuk. Memiliki keanekaragaman suku, budaya, bahasa, sehingga harus dipimpin secara bijak.

“Kita tau sendiri rakyat kita majemuk. Sehingga perlu sosok pemimpin yang paham keindonesiaan kita dan keanekaragaman suku. Ini baru capres sudah menunjukkan (arogansi). Bagaimana nanti menyikapi problematika negara dan bangsa dengan cara-cara yang tak bijak,” tegas Cecep.

Sebelumnya, ramai diberitakan Capres 2024 Prabowo Subianto mencekik dan menampar Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi saat rapat kabinet.

Prabowo sendiri telah membantah hal tersebut secara terbuka. Bahkan Prabowo justru mengaku kaget saat mendengar kabar tersebut.

“Saya juga kaget, jadi jelas itu tidak benar ya. Tidak pernah ada rapat seperti itu,” kata Prabowo di acara 3 Bacapres Bicara Gagasan di UGM, Selasa (19/9/2023)

Berita Terbaru
Populer Minggu Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here